Arti Kredit Tanpa Anggunan Berserta Cara Mendapatkannya

arti kredit tanpa anggunan KTA

Kredit Tanpa Agunan atau biasa disingkat KTA yaitu suatu produk bank dimana nasabah bisa meminjam uang dari bank tanpa memberikan jaminan atau agunan seperti sertifikat tempat tinggal, BPKB, SK, dan sebagainya. KTA biasanya dikhususkan untuk karyawan atau wirausaha yang berumur produktif antara 21 sampai 60 tahun. Jumlah kredit yang diberikan adalah sekitar 10 sampai 250 juta dengan bunga yang bervariasi pada 1, 55% sampai 2, 2% perbulan.

Cara Kerja KTA

Meskipun KTA bisa didapatkan tanpa memberikan jaminan, bukan berarti tidak ada syarat sama sekali untuk mendapatkannya. Diperlukan komponen seperti catatan kapabilitas mengelola kredit atau keuangan yang biasanya terekam di buku tabungan yang didaftarkan di suatu bank. Hingga dapat disebutkan kemampuan dari suatu bank dalam menganalisa kekuatan membayar nasabah yang bakal dipinjami dana itu.

Cara Memperoleh KTA

1). Tetapkan Bank

Menentukan bank pilihan yang sesuai sama keperluan adalah komponen terutama dalam pengajuan KTA. Lantaran kenyamanan dalam service yang di tawarkan oleh bank yang sesuai sama dengan keinginan ini akan jadi poin lebih dalam memastikan kesehatan pembayaran credit tersebut.

2). Poin tambahan jika memiliki kartu kredit

Kepemilikan kartu credit dalam mengajukan KTA adalah poin tambahan untuk mendapatkan persetujuan. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa melalui kartu credit, pihak bank penyedia sarana KTA bisa memonitor bagaimana pola pembayaran calon nasabah. Baik (tak ada keterlambatan & penggunaan limit yang termonitor) dan tidak jelek (terlambat membayar tagihan & over limit penggunaan karu) adalah penilaiannya.

3). Mempersiapkan syarat yang diminta

Fotocopy kartu kredit, fotocopy KTP, fotocopy NPWP, slip upah (bila karyawan) atau fotocopy SIUP (bila miliki usaha) adalah contoh-contoh dari syarat yang diminta.

4). Mendaftar (langsng atau secara online)

Datangi bank tujuan untuk mengajukan KTA. Isi formulir dengan menyertai syarat-syarat yang diperlukan di sana. Selain itu, Anda sebenarnya juga bisa mendaftar secara online.

5). Verifikasi atau Survei

Pihak bank akan mengabari Anda serta lakukan verifikasi atau survei. Bisa dengan wawancara mlalui telepon atau disurvei dan didatangi langsung oleh pihak bank.

6). Menunggu hasil

Setelah semua proses di atas dilakukan, yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah menunggu hasil dari keputusan pihak bank: apakah pengajuan KTA Anda disetujui atau tidak.

Sarana Credit Tanpa ada Agunan (KTA) begitu flexibel. Yang utama yaitu bagaimana mengelola KTA itu supaya dapat kembalikan pinjamannya serta memperoleh keyakinan dari bank bila menginginkan ajukan lagi utang diliat dari catatan pembayaran KTA terlebih dulu yang baik. Adanya KTA atau Kredit Tanpa Agunan merupakan apa yang bisa menguntungkan jika Anda bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *