5 Manfaat Asuransi Perjalanan Yang Melindungi Para Pemudik

asuransi perjalanan untuk mudik

image source : merdeka

Satu hal yang paling dinanti oleh masyarakat di Indonesia pada saat akan memasuki libur hari raya adalah pulang ke kampung halaman, atau yang biasa kita kenal dengan mudik. Biasanya seminggu jelang hari raya Idul Fitri jutaan manusia bergegas mempersiapkan diri untuk melakukan perjalanan dari kota ke kampung halaman masing-masing.

Banyak dari mereka yang menggunakan transportasi umum namun ada juga yang menggunakan kendaraan pribadi. Bahkan banyak juga diantaranya yang menggunakan sepeda motor untuk pulang ke kampung halaman dan menempuh jarak hingga ratusan kilometer jauhnya. Bayangkan, jika naik kendaraan umum maupun transportasi masal saja masih ada resiko tersendiri, apalagi jika anda harus mengendarai sepeda motor ratusan kilometer jauhnya. Tentu saja resiko yang dihadapi jauh lebih tinggi.

Ada banyak resiko yang mengintai para pemudik di tiap tahunnya. Namun salah satu yang paling sering terjadi adalah resiko kecelakaan. Tak jarang kecelakaan ini menimbulkan kerugian kepada para pemudik, selain keberangkatan yang tertunda banyak juga korban jiwa yang harus terenggut dari resiko kecelakaan yang terjadi di jalan raya selama musim mudik.

Jika kita lihat angka kecelakaan yang terjadi pada saat mudik lebaran 2016 cenderung turun dari tahun sebelumnya, namun tentu saja hal-hal tersebut harus bisa diantisipasi sejak dini. Menurut data yang dirilis oleh Korlantas Mabes Polri pada tahun 2015 terjadi kecelakaan lalu lintas sebanyak 2776, dan pada 2016 berkurang menjadi 2168.

Kecelakaan hanyalah salah satu dari sekian banyak resiko yang mengancam para pemudik. Satu lagi resiko yang paling sering menimpa para pemudik adalah aksi kriminal seperti perampasan, penodongan, dan kejadian lain yang seringkali membuat para pemudik mengalami kerugian secara fisik maupun materil.

Sebenarnya, cara yang paling efektif untuk menanggulangi itu semua adalah dengan menggunakan asuransi perjalanan. Karena, manfaat yang diberikan oleh perlindungan dari asuransi tersebut dapat meminimalisir kerugian yang ditimbulkan oleh resiko-resiko yang dapat terjadi selama perjalanan pulang ke kampung halaman.

Namun, kendalanya adalah masih banyak orang-orang yang masih acuh terhadap perlindungan yang diberikan oleh asuransi perjalanan. Hal ini disebabkan oleh rendahnya literasi yang dilakukan para pegiat finansial di Indonesia yang berdampak pada rendahnya angka penetrasi asuransi di Indonesia. Jadi manfaat dari asuransi untuk perjalanan mudik yang sebenarnya sangat baik malah terabaikan begitu saja.

Jadi untuk anda yang belum memahami bagaimana cara asuransi perjalanan berikut ini adalah cara asuransi melindungi perjalanan mudik anda :

Melindungi Dari Resiko Kecelakaan

Untuk anda yang mudik dengan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum, asuransi akan mencover anda apabila dalam masa perjalanan mengalami resiko kecelakaan yang mengakibatkan kematian, kelumpuhan, atau kehilangan anggota badan.

Mengganti Kerugian Penundaan Perjalanan

Ini adalah perlindungan dari asuransi perjalanan yang paling memberikan manfaat untuk para pemudik yang biasanya menggunakan pesawat terbang. Pihak asuransi akan menanggung kerugian akibat penundaan jadwal keberangkatan, biasanya jika penundaan tersebut terjadi hingga 12 jam lamanya.

Perlindungan Harta Benda Yang Ditinggal

Banyak para pemudik yang meninggalkan rumah mereka tanpa penjagaan. Akibatnya, seringkali terjadi musibah kebakaran yang disebabkan oleh kelalaian mereka pada saat meninggalkan rumah. Nah, jika anda menggunakan asuransi, maka anda tidak perlu lagi khawatir terhadap resiko-resiko tersebut. Karena hal tersebut akan masuk ke dalam tanggungan asuransi selama anda berpegian.

Perlindungan Barang Pribadi dan Bagasi

Pihak asuransi juga akan mengganti kerugian jika terjadi kerusakan atau hilangnya barang pribadi ataupun bagasi anda termasuk semua barang-barang yang ada di dalamnya.

Evakuasi Medis

Ini dia salah satu manfaat yang paling penting dari asuransi perjalanan, anda akan mendapatkan evakuasi medis yang akan beroperasi selama 24 jam apabila sewaktu-waktu nanti terjadi hal yang tidak diinginkan selama anda pulang ke kampung halaman.

Demikanlah informasi mengenai 5 manfaat asuransi perjalanan yang melindungi para pemudik, semoga dengan menggunakannya perjalanan anda ke kampung halaman akan lebih nyaman lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *